SALAM RIMBA

Blog komunitas berkemah bersama keluarga, pecinta alam, panduan berkemah, permainan outbond dan kegiatan alam. Camping & Family Gathering Community (CFG Community) dibentuk pada tanggal 23 Juni 2007, di Surabaya.

JALUR PENDAKIAN GUNUNG ARJUNO DAN WELIRANG

Gunung Arjuno dan Gunung Welirang terletak di Propinsi Jawa Timur Indonesia, Kedua gunung ini berada pada satu gugusan pegunungan. Untuk jalur pendakian ke puncak Arjuno dapat dimulai dari berbagai tempat, sebagai berikut :

  1. Dimulai dari Pos Pendakian Tretes
  2. Dimulai dari Pos Pendakian Wonosari– Lawang.
  3. Dimulai dari pos Kebon Sari - Batu

Jalur Pendakian Melalui Pos Tretes

Dari Surabaya menuju Pandaan kemudian Tretes. Pendakian dimulai dari pos pendakian – pet bocor – Kokopan – Pondokan, dari pondokan terdapat dua jalur terpisah. Jika kita melanjukan ke rute kiri, maka rute ini menuju ke jalur pendakian Gunung Arjuno. Dan untuk menuju Gunung Welirang kita harus memilih arah rute kanan. Perjalanan dari Pos Tretes menuju pondokan memerlukan waktu sekitar 4-5 jam. Bila kita memilih rute pendakian menuju Puncak Arjuno, dibutuhkan waktu sekitar 5-6 jam dari pondokan. Bila kita memilih rute pendakian menuju Puncak Welirang dibutuhkan waktu sekitar 3-4 jam.

Jalur Pendakian Melalui Pos Wonosari – Lawang

Dari Surabaya menuju Malang, kemudian turun Lawang. Dari Lawang perjalanan dilanjutkan menuju Wonosari, disini kita melapor kepada petugas PHPA dan meminta ijin pendakian. Pendakian dimulai dari kebun teh wonosari – oro-oro ombo – Alas Lali Jiwo kemudian Puncak Gunung Arjuno. Dari pos ijin pendakian menuju Puncak Arjuno dibutuhkan waktu sekitar 10-11 Jam.

Jalur Pendakian Melalui Desa Kebon Sari - Batu

Dari kota Kediri menuju Malang, turun kota Batu kemudian menuju selecta dan berakhir di Desa Kebon Sari. Perlu diingat dari desa ini sebaiknya siapkan air minum secukupnya, baik untuk berangkat dan kembali dari perjalanan mendaki. Pendakian dimulai dari Desa Kebon Sari, kira-kira 5-6 jam kita akan sampai di pegunungan yang menghubungkan Gunung Arjuno Dan Welirang, tepat sebelah tenggara Gunung Kembar I.

Dari sini terdapat dua persimpangan kiri dan kanan, jika ke kiri,jalur pendakian akan menuju ke Puncak Welirang dengan waktu tempuh kurang lebih 1-2 jam. Jika kita memilih ke kanan, jalur pendakian akan menuju ke Puncak Arjuno dengan waktu tempuh kurang lebih 4-5 jam.

Share this post :

4 komentar:

bepe mengatakan...

Estimasi biaya pendakian kok g dibahas sekalian.

CFG Community mengatakan...

salam rimba, trims atas sarannya. akan kami infokan ke rekan-rekan semua...

Unknown mengatakan...

tukeran link ku ya Gan...sesama komunitas pecinta alam...kami bs merekomendasikan bila ingin naik gunung di JATENG spt...lawu,merapi,merbabu,sindoro dan slamet!!!!
ni my blog : www.parlin2002.blogspot.com....
thanks sblmnya.....salam rimbaaa

Unknown mengatakan...

Silahkan kunjungi http://www.pendakian-tretes.bl.ee untuk informasi seputar pendakian G. Arjuno & G. Welirang