SALAM RIMBA

Blog komunitas berkemah bersama keluarga, pecinta alam, panduan berkemah, permainan outbond dan kegiatan alam. Camping & Family Gathering Community (CFG Community) dibentuk pada tanggal 23 Juni 2007, di Surabaya.

NAVIGASI DARAT - WASPADAI GAS BERACUN

Sangat penting mewaspadai gas beracun bagi tubuh manusia pada saat melakukan kegiatan di alam terbuka. Kemungkinan terburuk pada saat menghisap gas beracun adalah kematian, berikut ini adalah lokasi yang perlu diwaspadai mengandung gas beracun :

Didalam Gua.

Gua sering digunakan untuk beristirahat, bahkan membangkitkan keinginan untuk melihat lebih dalam kondisi gua. Jika didalam gua tidak terdapat kehidupan atau habitat binatang, perlu diwaspadai kandungan gas beracun yang terperangkap di dalam gua. Sebaikanya gunakan perlengkapan dan alat pelindung yang memadai untuk menjelajah ke dalam gua.

Lubang Atau Celah Pada Lereng.

Pernah terjadi, seorang pendaki terjatuh di dalam lubang yang berupa lekukan pada pada celah lereng. Dalam hitungan menit, tubuh menjadi lemas dan sulit untuk bernafas. hal ini disebabkan karena adanya gas beracun yang terperangkap di dalam celah itu. Memang tidak semua lubang pada celah lereng terdapat gas beracun, namun jangan dianggap remeh bila ada yang terjatuh di lubang celah tersebut, segera mungkin untuk mengevakuasinya.

Sumber Air Panas.
Mandi di sumber air panas, wah tentunya sangat menyenangkan. Sumber air panas yang keluar dari perut bumi, kebanyakan bercampur dengan belerang dan terkadang disertai gas beracun. Jangan mencoba-coba untuk menghirupnya dan berlama-lama mandi di sumber air panas.

Mulut Kawah Gunung Berapi.

Karena aktifitas vulkanik, gunung berapi kadang kala mengeluarkan kepulan asap. pada saat itu terdapat kandungan gas beracun dikeluarkan dari perut bumi. Jika ada larangan dikeluarkan oleh yang berwenang untuk mendekati lokasi, sebaiknya para pendaki mematuhi aturan itu.


Tidak ada komentar: