SALAM RIMBA

Blog komunitas berkemah bersama keluarga, pecinta alam, panduan berkemah, permainan outbond dan kegiatan alam. Camping & Family Gathering Community (CFG Community) dibentuk pada tanggal 23 Juni 2007, di Surabaya.

SEMERU

Puncak Mahameru merupakan puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa, tepatnya di wilayah Propinsi Jawa Timur. Lokasi Puncak Mahameru merupakan tanah lapang yang berada disamping kawah Gunung Semeru yang masih aktif, dan sedikit lebih tinggi dari kawah tersebut.

Pemandangan Diatas Puncak Mahameru

Ada kesan tersendiri ketika berada di Puncak Mahameru. Rasa syukur kepada Sang Pencipta Alam tercurahkan saat itu. Terlebih ketika sang surya sedang menyapa para pendaki di pagi hari. Kami sarankan, sebaiknya para pendaki memulai perjalanan dengan rute Tumpang - Ranu Pani - Ranu Kumbolo - kalimati - Puncak Mahameru. Para pendaki dapat menikmati keindahan alam yang sangat mempesona, diantaranya kawasan padang savana, lautan pasir Gunung Bromo, kawasan pedesaan Ranu Pani, Ranu Kumbolo & Kalimati, yang kesemuanya termasuk dalam wilayah Taman Nasional Bromo - Tengger.

Taman Nasional Bromo Tengger

Perjalanan dimulai dari Pasar Tumpang menuju Desa Ranu Pani, kurang lebih ditempuh 2 jam dengan menggunakan "ranger". Sepanjang perjalanan ini, para pendaki dapat melihat kawasan padang savana di Kawasan Penggunungan Bromo.

Sesampai di Ranu Pani, perjalanan dilanjutkan menuju Ranu Kumbolo, tentunya dengan berjalan kaki selama 4-6 jam. Ranu Kumbolo adalah tempat yang ideal untuk beristirahat dan mendirikan tenda. Sebuah telaga dengan dikelilingi perbukitan, membuat para pendaki betah berlama-lama menikmati pesona alam di Ranu Kumbolo. Dari Ranu kumbolo perjalanan kaki dilanjutkan kembali menuju kawasan Kali Mati dengan waktu tempu kurang lebih 5 jam, dari sini kepulan asap dan kubah Puncak Mahameru semakin jelas terlihat.

Diperlukan kurang lebih 5 jam lagi, untuk menuju Puncak Mahameru. Para pendaki akan menghadapi kondisi medan yang terjal, jalan berpasir dan berbatu. Sebaiknya siapkan stamina untuk menuju Puncak Mahameru. Rencanakan perjalanan akan berakhir menjelang pagi di Puncak Mahameru. Dengan pertimbangan dapat menikmati panorama alam yang sangat indah saat berada di Puncak Mahameru.

Tidak ada komentar: